-->
Latest News

Cara Hack Telepon PABX Panasonic KX -T7730

11.12.09 , Posted by All - In 4 You [dot] Blogspot at 3:20 PM


Apakah ada diantara rekan-rekan yang dikantornya diberi fasilitas telepon via PABX tapi tidak diberi akses untuk menelpon keluar? Hmmm... sangat menjengkelkan bukan...?

S
etiap kita ingin menelpon keluar kita harus menghubungi (baca: ngemis) dulu operator agar dihubungkan ke nomor yang kita tuju. Belum lagi kalau operatornya cerewet, nanya-nanya maksud dan tujuan kita nelpon ke nomor telepon yang dimaksud.


Kebetulan kantorku memasang sistem PABX dengan pesawat Panasonic KX-T7730. Nah, tanpa sengaja aku menemukan sebuah celah yang memungkinkan untuk menelpon seenak perut ke nomor yang kita tuju tanpa melalui operator. Setiap orang yang pernah memakai sistem PABX pasti tahu bahwa untuk mengambil alih panggilan dari pesawat lain kita akan diberi kode khusus, misalnya “#40”. Sehingga apabila ada pesawat lain yang berbunyi dan kita ingin mengangkat panggilan tersebut dari telepon di meja kita, cukup pijit kode ”#40” dari pesawat telepon kita, dan panggilanpun akan langsung diambil alih pesawat kita. (Kita...? Loe aza ama Kebo...! he..he..)

Satu lagi, setiap orang yang pernah memakai telpon PABX pasti akan tahu bedanya antara bunyi nada sambung PABX dan nada sambung Telkom (beda donk...! coba aja...).

Oke deh... biar nggak bertele-tele, marilah kita langsung praktekkan. Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan:


  • Kita pastikan kalau PABX kantor kita adalah Panasonic KX-T7730 (Soalnya trik ini belum pernah digunakan di PABX jenis lain dan di TEMPAT LAIN). Tapi kalaupun tipe atau merknya ngga sama, cuek aja... siapa tahu bug ini jalan juga di PABX tsb (namanya juga usaha...).
  • Kita mesti tahu nomor telpon kantor kita. Biasanya dalam satu sistem PABX akan terdiri dari beberapa nomor telepon, pilih aja salah satunya, kalo gagal coba lagi ke nomor yang lain.
  • Kita mesti punya HP yang masih bisa nge-misscall ke tujuan PSTN lokal, gunanya untuk nge-misscall nomor kantor kita. Kalo ngga punya HP minjem aja dulu ke temen (Anyway... modal dikit napa...? he..he..)
  • Kita mesti tahu kode pengambil-alihan panggilan dari pesawat lain ke pesawat kita (kalau dikantorku kodenya “#40”).

Berikut adalah cara kerjanya:

  • Pakai HP kita untuk nge-misscall telpon kantor kita. Apabila sudah nyambung, selain di HP ada nada tunggu, pasti di ruangan operator akan terdengar nada panggil (ringtone). Kecuali kalau pesawat telepon kita berada di ruangan/gedung yang berbeda, pedoman kita hanya pada nada tunggu di HP kita saja.
  • Begitu nada tunggu sudah terdengar (max.2 kali bunyi agar tidak keburu diangkat orang atau sang operator telpon), segera putuskan panggilan dari HP. Begitu sambungan terputus, anda mempunyai tenggang waktu sekitar 3 – 5 detik untuk menyimpan HP anda dan segera mengangkat pesawat telpon anda dan memijit kode pengambilalihan panggilan.
  • Apabila timingnya tepat maka akan terdengar nada “niiit...!” dan Wallaaa.... Nada sambung telkom pun akan terdengar merdu. CATATAN: bila langkah ini dilakukan terlalu cepat, anda hanya akan mendapatkan nada putus dari HP kita (tut...tut...tut...) setelah nada “Niiiiit....” tersebut.
  • Apabila nada sambung sudah terdengar, anda tinggal memijit nomor telpon tujuan kita dan silakan bicara sepuasnya.


KENAPA BEGITU....?

Dari analisa yang saya lakukan, ternyata ada delay antara putusnya sambungan HP dengan matinya nada deringl PABX. Ini terbukti, ketika saya melakukan misscall dari HP saya, nada dering PABX masih saja berbunyi walaupun sambungan dari HP saya sudah terputus. Dengan kata lain, walaupun sambungan sudah putus, namun untuk beberapa saat PABX masih membuka gerbangnya bagi siapa saja yang ingin mengabil alih panggilan tersebut. Sehingga ketika pada saat delay itu ada salah satu pesawat client yang melakukan pengambil alihan panggilan maka central PABX akan memberikan akses penuh line telpon kantor terhadap pesawat client tsb. Akibatnya, line telpon yang sudah bebas tadi akan bisa digunakan secara remote dari pesawat tersebut.

Kejadian ini mungkin saja terjadi karena kelemahan pada penyetingan delay time dari putusnya panggilan dan matinya service pengalihan panggilan. Kalau memang setting-an nya terdapat pada pesawat Panasonic KX-T7730 maka kelemahan ini akan dapat segera diperbaiki. Tapi kalau memang tidak ada, maka ini akan menjadi bug permanen pada pesawat PABX tipe tersebut, dan boleh jadi hal ini terjadi pada pesawat PABX tipe dan merk yang lainnya.


Hanya untuk pembelajaran dan sekedar pengetahuan lohh yahh?!!
Next artikel silahkan di tunggu Secara sedang dalam penelitian.. hehehe...

Translate to : by

Currently have 7 Comment:

  1. Anonymous says:

    Bagaimana kalau saya punya telpon extension bisa ga pakai telp itu tapi telp keluar tidak pakai HP ?
    thanks.

  1. kuncahyo says:

    gan minta tlg nih kalau lampu led nyala trs,gk bs dipakai telepon gmn ya (KT-X 7730)

  1. Anonymous says:

    bos, KX-T7730 itu bukannya pesawat telepon tipe digital ya?

  1. Unknown says:

    gimana cara mengganti nada dering pada pesawat telpon PABX merk panasonic

  1. kalau setahu gw sih ya setiap tipe telpon pabx kode untuk tlp keluarnya beda dikantor gw aja cukup teken 09 baru deh bisa tlp keluar

  1. Unknown says:

    mau tanya telp kantor saya tipe KX-T7730 cara nyeting agar untuk menggunakan telp keluar menggunakan tombol 9 dahulu,karena yg sekarang langsung. mks

  1. cctv 4K says:

    kx 7730 bukan PABX tapi PT untuk PABX type KX TES 824

Leave a Reply

Post a Comment

Please Leave Your Comment Here!!!
And Don't Use SARA. Thx.